Nama Anggota :
Annisa Zahra (21213168)
Ayu Dwi S. (21213537)
Vinny Juwanti (29213159)
Kelas : 1EB22
Tugas Softskill Minggu ke-6
1. JELASKAN PERBEDAAN PASAR DENGAN PEMASARAN?
Jawab :
- Pasar merupakan orang-orang yang mempunyai keinginan untuk puas, uang untuk berbelanja, dan kemauan untuk membelanjakannya. Jadi, dalam pengertian tersebut terdapat faktor-faktor yang menunjang terjadinya pasar, yakni: keinginan, daya beli, dan tingkah laku dalam pembelian.
- Pemasaran adalah kegiatan yang menghubungkan antara perusahaan dengan konsumen, Seperti yang diungkapkan oleh Boyd, Walker, Larreche (2005) pemasaran adalah suatu proses sosial yang melibatkan kegiatan-kegiatan penting yang memungkinkan individu dan perusahaan mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan melalui pertukaran dengan pihak lain dan untuk mengembangkan hubungan pertukaran.
2. BERIKAN CONTOH MASING-MASING 5 UNTUK :
*JENIS PASAR INDUSTRI
*JENIS PASAR PENJUAL
Jawab:
1. Contoh jenis pasar industri :
-Pabrik benang
-Pabrik buku
-Pengusaha cuci mobil atau motor
-Pengusaha juice
-Pengusaha sepatu
2. Contoh jenis pasar penjual :
-Membeli motor kemudian disewakan ke konsumen
-Membeli kue cucur diprodusen, kemudian dijual ke pasar-pasar
-Membeli sayuran dan ikan segar dipasar laludijualke konsumen
-Membeli handphone lalu disewakan ke konsumen
-Membuka grosir buah murah, lalu dijual ke pedagang eceran
3. JELASKAN DENGAN 1 CONTOH BARANG /JASA UNIVERSAL BAGAIMANA MEMASARKANNYA (BERDASARKAN 4P)?
Jawab:
Konsep
marketing 4p adalah product, price, place, promotion. Contoh jasa atau
barang yang menggunakan metode 4 adalah usaha coklat berbagai rasa.
Mereka menjual melalui jejaring sosial seperti facebook, twitter, bisa
juga melalui promosi langsung misalnya mempromosikan kepada teman kampus
dan sebagainya.
Jika dijejaring
sosial di halaman website pertama akan muncul tampilan barang-barang
atau jasa yang akan di jual. Di dalam website tersebut juga sudah di
tampilkan harga barangnya dan bentuk coklat yg kita inginkan. Harganya
juga harus terjangkau oleh konsumen, produknya juga harus berkualitas.
Dan tampilan websitenya juga harus di buat semenarik mungkin agar para
konsumen tertarik. Untuk promosi coklat ini biasanya mengadakan
discount, atau barang bisa dipesan antar dan gratis ongkos kirimnya agar
konsumen lebih tertarik. Usaha coklat juga mempunyai mitra-mitra dan
jasa pengiriman terpecaya. Mitra-mitra tersebut dapat dikaitkan dengan
place atau distributor.
4. SEBUT DAN JELASKAN 4 VARIABEL BAURAN PROMOSI?
Jawab:
Variabel bauran promosi yaitu :
1. Produk :
suatu sifat yang kompleks baik dapat diraba maupun tidak dapat
diraba, termasuk bungkus, warna, harga, prestise perusahaan dan
pengecer, pelayanan perusahaan dan pengecer, yang diterima oleh pembeli
untuk memuaskan keinginan/kebutuhan.
2. Struktur harga : sejumlah uang yang dibutuhkan untuk mendapatkan sejumlah kombinasi dari barang beserta pelayanannya.
3. Sistem distribusi : saluran yang digunakan oleh produsen untuk menyalurkan dari produsen ke konsumen atau pembeli industri.
4. Kegiatan
promosi : arus informasi atau persuasi satu arah yang dibuat untuk
mengarahkan seseorang atau organisasi kepada tindakan yang menciptakan
pertukaran dalam pemasaran.
5. SEBUTKAN BEBERAPA ALTERNATIF SISTEM PEMASARAN?
Jawab:
Alternative sistem pemasaran ada 4, yaitu :
1. Memaksimalkan konsumsi
Kegiatan – kegiatan pemasaran yang telah dijalankan seharusnya dapat merangsang terjasdinya konsumsi maksimal yang pada gilirannya akan menciptakan produksi, kesempatan kerja, dan kemakmuran maksimal bagi masyarakat.
Kegiatan – kegiatan pemasaran yang telah dijalankan seharusnya dapat merangsang terjasdinya konsumsi maksimal yang pada gilirannya akan menciptakan produksi, kesempatan kerja, dan kemakmuran maksimal bagi masyarakat.
2. Memaksimalkan kepuasan konsumen
Kepuasan konsumen sulit untuk diukur. Pertama, karena belum adanya tolak ukur kepuasan konsumen terhadap suatu produk atau aktivitas pemasaran. Kedua, terkadang kepuasan yang diperoleh diikuti oleh kondisi lingkungan yang kurang menyenangkan. Ketiga, kepuasan sewaktu mengkonsumsi produk tertentu sangat relative.
Kepuasan konsumen sulit untuk diukur. Pertama, karena belum adanya tolak ukur kepuasan konsumen terhadap suatu produk atau aktivitas pemasaran. Kedua, terkadang kepuasan yang diperoleh diikuti oleh kondisi lingkungan yang kurang menyenangkan. Ketiga, kepuasan sewaktu mengkonsumsi produk tertentu sangat relative.
3. Memaksimalkan pilihan
Sistem ini memungkinkan konsumen untuk menemukan produk dengan tepat yang dapat memuaskan selera dan gaya hidup mereka, tetapi sebagai kopensasinya adalah peningkatan biaya.
Sistem ini memungkinkan konsumen untuk menemukan produk dengan tepat yang dapat memuaskan selera dan gaya hidup mereka, tetapi sebagai kopensasinya adalah peningkatan biaya.
4. Memaksimalkan kualitas hidup
Sistem pemasaran dipercaya dapat meningkatkan taraf hidup melalui kualitas, kuantiatas, ketersediaan, dan harga barang serta jasa, kualitas lingkungan fisik, maupun kualitas lingkungan budaya.
Sistem pemasaran dipercaya dapat meningkatkan taraf hidup melalui kualitas, kuantiatas, ketersediaan, dan harga barang serta jasa, kualitas lingkungan fisik, maupun kualitas lingkungan budaya.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar