NAMA : VINNY JUWANTI
KELAS : 1EB22
NPM : 29213159
I. PENDAHULUAN
Belanja
online atau yang lebih sering dikenal dengan online shop sudah tidak asing lagi
dikenal oleh kalangan remaja di jaman sekarang. Remaja sekarang lebih memilih
belanja online dibandingkan dengan belanja langsung ke mall atau tempat tempat
perbelanjaan. Hal ini disebabkan dengan adanya teknologi yang semakin hari
semakin modern, remaja dapat dengan mudah membeli barang yang diinginkan melalui
online shop dengan via bbm, instagram, line, dan media social network lainnya.
Dengan adanya online shop waktu belanja mereka tidak tersita karna mereka tidak
perlu mendatangi toko tersebut, mereka hanya cukup melihat barang tersebut yang
sudah diberi harga dan sudah saling memiliki kesepakatan antara kedua belah
pihak. Perkembangan online shop memicu banyaknya peluang untuk membuka
wirausaha sebagai pekerjaan sampingan. Pengertian dari online shop itu sendiri
adalah salah satu jenis bisnis yang perkembangannya sukup pesat yang
menggunakan transaksi online dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi
dan internet sangan berperan penting dalam bisnis tersebut.
II. ISI
Online shop banyak digemari di
kalangan remaja karena memberikan kemudahan untuk dapat memiliki suatu barang
yang diinginkan. Kita dapat memasarkan barang online kita tidak hanya ke negara
sendiri, melainkan dapat memasarkannya ke luar negeri. Sehingga barang yang
dijual di online shop banyak diminati oleh orang-orang khususnya di kalangan remaja.
Berikut
adalah keuntungan dan kerugian dari adanya bisnis online shop :
Keuntungan Berbelanja Online:
1. Praktis dan menghemat
waktu
2. Banyak pilihan barang
3. Harga relative lebih murah
4. dapat dengan mendapatkan barang yang diinginkan
Kerugian
belanja Online :
1.
Konsumen akan kecanduan dengan
berbagai UPDATE dari sang penyedia layanan, mereka akan merasa rugi jika
ketinggalan tren yang di keluarkan.
2.
Membentuk pola pikir manusia yang
konsumtif
3.
Mengajarkan konsumen bersifat malas.
karena sang konsumen hanya menungguinya sampai barang yang dia inginkan sampai
dirumah.
4.
Banyak berbagai pengalaman yang
menyebutkan bahwa penjualan ini sifatnya maya. Kita hanya di beri sekilas
gambaran tanpa mengetahui bentuk aslinya.Sering kali kejadian ini memberikan
ketidakpuasan terhadap konsumen.
5.
Banyak terjadi penipuan
6. Beberapa online shop menaikkan harga
Tujuan
orang-orang membuka online shop ialah agar semua produk yang di jual dapat
dengan mudah dilihat dan diorder oleh
lebih banyak orang di banyak tempat yang berbeda baik di dalam negeri maupun
diluar negeri atau lebih tepatnya agar
dapat mempermudah dan memperlancar kegiatan berjualan kita secara Online tanpa
menyita waktu banyak dan dapat menjadi pekerjaan sampingan bagi kalangan remaja
yang masih sekolah. Kalangan remaja jaman sekarang menggemari untuk membuka
usaha online shop karena dengan begitu mereka dapat menghasilkan uang dari
usahanya sendiri tanpa menyita waktu belajar merka. Mereka hanya bermodalkan
layanan internet dan alat seperti smartphone untuk menjual barang dagangan
online mereka ke semua pelanggannya baik itu orang tua maupun anak-anak.
Banyaknya pengguna smartphone di Indonesia, khususnya
remaja dan anak muda yang menjadi sasaran empuk pasar, menarik perhatian
orang-orang untuk mengambil peluang bisnis dengan membuka online shop. Mereka berlomba-lomba
menjual barang dagangan yang pada awalnya hanya iseng berbisnis karena di
samping tidak membutuhkan modal, mereka bisa meraup keuntungan. Ternyata hal
itu disambut para konsumen dengan antusias. Seperti salah satu group online shop milik teman yang
menjual baju wanita dan saya menjadi salah satu anggotanya. Setiap si pemilik
mengupload foto barang baru
yang biasanya bisa mencapai 20 buah foto, dalam waktu cepat barang-barang tersebut
pun sold out. Seorang pembeli
yang terlambat memesan akhirnya kecewa karena baju yang disuka telah dibeli
oleh orang lain karena si pemilik biasanya hanya menjual dengan stok sedikit di
setiap itemnya.
Maraknya
online shop merupakan salah
satu contoh yang membuktikan bahwa meningkatnya konsumerisme, khususnya di
kalangan remaja dan anak muda. Konsumerisme adalah suatu paham dimana seseorang
melakukan konsumsi terhadap suatu barang produksi secara berlebihan atau tidak
sepantasnya secara sadar dan berkelanjutan. Mereka mengganggap barang (materi)
sebagai ukuran kebahagiaan, prestise, status, dsb. Masyarakat Indonesia pada
dasarnya latah dan mudah terbawa trend.
Apalagi bagi remaja dan anak muda yang secara psikologis masih labil dan sedang
berada pada proses pencarian jati diri yang pada akhirnya mudah terbawa arus
lingkungan. Remaja dan anak muda selalu ingin dianggap keberadaannnya dan
diakui eksistensinya oleh lingkungan dimana mereka berada. Itulah sebabnya
mereka selalu berusaha untuk mengikuti trend
yang sedang populer dan menjadi sama dengan lingkungannya. Mereka tidak mau
dianggap ketinggalan jaman atau tidak gaul.
Dengan begitu, sudah terbukti bahwa online shop di
Indonesia khusunya di kalangan remaja lebih diminati dibandingkan dengan
belanja dating ke tokonya langsung. Semakin banyaknya penggemar online shop
maka semakin banyak pula peluang usaha untuk membuka bisnis online shop. Bahkan
wanita karir jaman sekarang sebagai bisnis sampingannya mereka membuka online
shop karena menghasilkan keuntungan yang besar dan tidak mengganggu kerjaan
mereka.
Daftar
pustaka :
Banyak toko oline tidak menjamin harga dan kualitas barang, pastikan anda berbelanja di online shop smartphone indonesia terlengkap, metrodataonline.com
BalasHapus