Sabtu, 16 November 2013

PENTINGNYA SUATU BISNIS DI ERA GLOBALISASI





NAMA        :         VINNY JUWANTI
KELAS       :         1EB22
NPM           :         29213159



I.       PENDAHULUAN

Bisnis adalah hal yang sangat penting di era globalisasi sekarang ini. Tanpa adanya bisnis suatu negara tidak akan bisa berkembang dan maju, karena dari bisnis itu sendiri lah yang membuat suatu negara itu bisa maju dan dikenal oleh negara lain. Majunya suatu bisnis di suatu negara itu dilihat dari bagaimana perkembangan bisnis tersebut dari awal di mulainya suatu bisnis sampai berjalannya bisnis tersebut. Di jaman era globalisasi ini, bisnis tidaklah berjalan di suatu perusahaan saja bahkan ibu rumah tangga sekarang pun  sudah memulai membuka bisnis-bisnis kecil yang dapat memikat orang banyak dengan bisnis tersebut. Pengertian dari bisnis itu sendiri adalah suatu usaha yang dijalankan oleh seseorang, sekelompok orang, organisasi, atau perusahaan dimana mereka membuka suatu peluang usaha yang akan mendapatkan hasil dan keuntungan dari usaha tersebut yang didirikannya itu. 
Di era globalisasi ini bisnis ruang lingkup bisnis sudah luas, setiap perusahaan bahkan setiap orang berhak mendapatkan peluang membuka suatu bisni dimulai dari yang kecil hingga bisnis yang besar sehingga mendapatkan hasil yang maksimal dan saling mendapatkan keuntungan antara kedua belah pihak.


II.    ISI

A.    Tujuan bisnis meliputi(Skinner,1992) :

1. Profit (keuntungan)
2. Mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan
3. Pertumbuhan perusahaan
4. Tanggung jawab social

B.     Alasan pentingnya seseorang belajar bisnis
·         Adanya saling ketergantungan
Manusia adalah makhluk sosial yang saling tergantung satu sama lain baik secara individual maupun kolektif. Seiring dengan kemajuan zaman yang mengakibatkan makin beragamnya kebutuhan dan keinginan manusia maka ‘saling ketergantungan’ ini pun makin meningkat. Yang mengakibatkan manusia melakukan tindakan ekonomi atau bisnis.
·         Adanya peluang internasional
Meningkatnya globalisasi di dalam dunia bisnis telah membuka peluang bisnis. Era baru dunia bisnis dalam pasar internasional memerlukan pemimpin bisnis yang tahu bagaimana memulai, mengoprasikan dan melanjutkan usahanya.                                              
·         Usaha untuk mempertahankan dan meningkatkan standar hidup
Standar hidup menunjukan jumlah barang dan jasa yang dipandang rata-rata sebuah keluarga atau individu sebagai suatu kebutuhan. Perkembangan teknologi dan kemampuan suatu perusahaanmengantisipasi kebutuhan manusia mampu mengubah standar hidup seseorang.

C.     Faktor-faktor yang mendorong orang untuk membuka usaha sendiri, yaitu :
—       Terbuka kesempatan untuk memperoleh keuntungan
          Memenuhi minat dan keinginan pribadi
           Terbuka kesempatan untuk menjadi “BOSS”
          Adanya kebebasan dalan manajemen 

III. PENUTUP

Dari tulisan diatas dapat disimpulkan bahwa bisnis di jaman era globalisasi ini sangat penting yang disebabkan oleh beberapa faktor. Bisnis sudah banyak membuat orang tertarik untuk melakukan hal itu karena disamping mendapatkan keuntungan bisnis juga dapat membuka lapngan pekerjaan bagi orang banyak. Di jaman era globalisasi ini pun bisnis banyak diminati orang untuk membuka usaha sendiri dan semua itu juga disebabkan oleh beberapa factor yang mendukung bisnis tersebut. Jadi bisnis bukan hal yang awam lagi bagi orang-orang bahkan bisnis sudah sangat digemari untuk semua kalangan.  




DAFTAR PUSTAKA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar