Minggu, 20 Oktober 2013

Pengantar Bisnis minggu ke 2


Nama Anggota : 
1.    Annisa Zahra     (21213168)
2.    Ayu Dwi S.          (21213537)
3.    Vinny Juwanti    (29213159)
Kelas : 1EB22

Tugas Softskill Minggu ke-2

  1. JELASKAN BAGAIMANA CARA MENDIRIKAN (BERIKAN LANGKAHNYA)  UKM DENGAN MEMPERHATIKAN FAKTOR PRODUKSI

Cara mendirikan UKM (Usaha Kecil Menengah) adalah sebagai berikut:
1.    Siap mental
Mempersiapkan mental sangatlah penting untuk memulai suatu usaha. Karena dalam suatu usaha pasti akan mendapat laba dan bisa juga mendapat rugi. Kita harus siap mental apabila suatu saat usaha yang kita geluti mendapatkan rugi yang sangat besar dan kita harus tenang dalam menghadapinya agar usaha kita tidak bangkrut.
2.    Memilih bidang usaha
Pastikan bahwa bidang usaha yang kita pilih telah sesuai dengan kompetensi dan minat. Kita juga harus mengetahui keadaan bisnis saat ini yang tidak lekang termakan zaman dan sebaiknya membuka usaha yang berhubungan dengan kebutuhan pokok manusia.
3.    Mempersiapkan modal
Setiap memulai usaha wajib menyediakan modal karena modal adalah awal yang paling penting untuk membeli peralatan serta perlengkapan suatu usaha yang akan dijalankan. Modal bukan hanya berupa uang tetapi bisa juga berupa barang-barang yang dapat digunakan untuk menunjang faktor produksi dalam mendirikan suatu usaha. Misalnya kita membuka ukm minuman ice bubble dan kita sudah memiliki blender dirumah. Blender itu bisa kita jadikan modal kita yang berupa barang untuk menunjang faktor produksi.

4.    Mencari tenaga kerja yang kompeten
Tenaga kerja yang kompeten merupakan faktor pendukung berkembangnya suatu ukm. Karena kita tidak bisa melakukannya sendiri maka dari itu kita harus mencari tenaga kerja yang kompeten, jujur, dan bisa dipercaya.
5.    Mencari lokasi tempat usaha
Posisi tempat usaha sangat berpengaruh terhadap perkembangan usaha kita. Jika kita mendirikan usaha di tempat yang banyak orang lewati maka besar peluang kita untuk sukses dan usaha berkembang. Tetapi jika posisi tempat usaha kita sepi maka peluang untuk rugi kita akan besar.
6.    Mencari kebutuhan untuk usaha
Kebutuhan untuk usaha terdiri dari bahan mentah, barang jadi dan barang-barang elektronik. Semua itu sangat penting untuk menunjang faktor produksi kegiatan usaha kita.
7.    Mempromosikan UKM
Jika kita sudah siap dengan segala langkah-langkah diatas maka ini adalah langkah terakhir yaitu mempromosikan ukm kita ke dunia luar atau ke masyarakat banyak agar ukm yang kita geluti banyak peminatnya dan dapat mendatangkan keuntungan yang besar.

2.    BERILAH MASING – MASING  SEBANYAK 5 CONTOH RIIL PERUSAHAAN BERDASARKAN LETAK/TEMPAT!
Ø  Berdasarkan alam
1.    Perusahaan teh walini (Bandung)
2.    Pertamina (Babelan)
3.    Perusahaan tambang emas di Cikotok (Jawa Barat)
4.    Perusahaan penghasil kopi (Jawa Barat)
5.    Perusahaan penghasil Garam di Cirebon
Ø  Berdasarkan Sejarah
1.    Pengrajin Batik (Solo)
2.    Pengrajin Batik (Pekalongan)
3.    Usaha Pendidikan (Yogyakarta)
4.    Pengrajin Patung (Bali)
5.    Pengrajin Batu alam (Gunungkidul)
Ø  Berdasarkan Pemerintah
1.    PLN (Jakarta)
2.    PT. Jamsostek (Jakarta)
3.    Kawasan Industri Jababeka (Cikarang)
4.    PT. Telkom (Bandung)
5.    PT. Dirgantara (Bandung)
Ø  Berdasarkan Faktor Ekonomi
1.    PT Freeport (Papua)
2.    PT Semen Gresik (Gresik)
3.    Perusahaan pengolahan kayu (Wonosari)
4.    PDAM (Bogor)
5.    Perusahaan Kertas (Bekasi)

  1. SEBUTKAN DAN JELASKAN DENGAN SINGKAT APA YG MENJADI TUJUAN PERUSAHAAN!

Tujuan suatu perusahaan yaitu:
1.    Untuk meningkatkan pengembangan kebutuhan masyarakat dalam hal produk yang berkualitas dan berkuantitas serta sebagai keingingan investor, karyawan, dan sebagai penyedia faktor produksi bagi masyarakat.
2.    Untuk mencari laba yang sebesar-besarnya untuk memenuhi kebutuhan perusahaan tersebut seperti biaya perlengkapan, biaya gaji, biaya peralatan, dsb.
3.    Untuk memenuhi kebutuhan konsumen dengan menyediakan suatu barang yang dapat dijual dan merupakan kebutuhan sehari-hari dari para konsumen.



  1. JELASKAN APA YG DIMAKSUD LINGKUNGAN INTERNAL  DAN EKSTERNAL SUATU PERUSAHAN!

Ø  Lingkungan internal suatu perusahaan ialah lingkungan organisasi yang berada di dalam suatu perusahaan tersebut serta sumber daya manusia atau fisik yang mempengaruhi jalannya perusahaan itu sendiri.
Ø  Lingkungan eksternal suatu perusahaan ialah unsur-unsur di luar organisasi yang sebagian besar tidak dapat dikendalikan dan berpengaruh langsung maupun tidak langsung dalam keadaan suatu perusahaan tetapi saling bergantung antara satu dengan yang lainnya.

  1. APLIKASIKAN SETIAP VARIABEL LINGKUNGAN INTERNAL  DAN EKSTERNAL BAGAIMANA PENGARUHNYA PADA SUATU PERUSAHAN
Ø  Pengaruhnya yaitu:
1.    Perekonomian : Pajak, Pertambahan penduduk, Kurs.
2.    Etika Hukum : Keputusan (Fatwa), Transaksi perusahaan.
3.    Sosial : Pengangguran, Budaya, Kemiskinan, Kriminalitas.
4.    Politik : Pertahanan keamanan.
5.    Ekologi : Pencemaran udara, tanah, air dan limbah perusahaan.

  1. JELASKAN PERBEDAAN PRODUCER ORIENTED APPROACH DAN CONSUMER  ORIENTED APPROACH
Ø  Producer Oriented Approach (POA) : Produsen secara langsung menjual barang dan jasanya ke salah satu objek tersebut dengan menggunakan pendekatan terhadap konsumen.
Ø  Consumer Oriented Approach : Konsumen secara langsung membeli barang dan jasa kepada produsen tanpa melalui perantara atau media apapun.

                                                http://danausaha.net/tips-sukses-membuka-bisnis-ukm.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar